Sunday, March 13, 2011

Makalah Fisika Gaya Gesek Statis

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Fisika merupakan ilmu pasti yang harus dipelajari oleh setiap siswa. Sehingga mengenal dan mempelajari fisika sangat perlu, karena sangat erat kaitannya fisika dengan kehidupan kita sehari-hari. Dalam laporan ini materi diperluas sampai analisis kuantitatif masalah dinamika partikel yang lebih rumit yang melibatkan gaya gesek.
Kita juga telah mempelajari ketiga hukum tentang gerak dan kitapun mengetahui bahwa ∑F dalam hukum Newton II, ∑F = m.a menyatakan resultan gaya dari semua gaya yang bekerja pada suatu benda/sistem benda kita juga telah mengetahui 4 gaya yang umumnya bekerja pada suatu benda yaitu gaya berat, gaya normal, gaya gesekan dan juga gaya tegangan tali.
Selain itu pada pelajaran fisika kita juga dapat mengetahui gejala-gejala yang ada di bumi ini. Ada pengaruh gesekan antara kedua benda yang dapat dipelajari di dalam fisika. Misalnya untuk mengetahui apakah 2 benda terdapat sebuah gesekan dengan media bidang miring dan bagaimana cara menentukan koefisien gesekan statis antara 2 benda tersebut. Sehingga laporan kegiatan ini dibuat untuk membuktikan dan menerangkan tentang koefisien gesekan.


1.2 Nama Kegiatan
Nama kegiatan praktek ini adalah “Mencari dan menentukan koefisien gerakan antara 2 benda”.

1.3 Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam pembuatan laporan ini yaitu :
1. Bagaimana cara menentukan koefisien gesekan statis (µs) pada bidang datar ?
2. Apa yang dimaksud dengan gaya gesekan statis ?
3. Apa yang dimaksud dengan gaya gesekan kinetis ?
4. Bagaimana cara menentukan koefisien gesekan statis (µs) pada bidang miring.

1.4 Tujuan
Tujuan dari percobaan ini yaitu untuk mengukur koefisien gesekan statis dengan teknik bidang miring dan bidang datar dan mengembangkan pola pikir dan pengetahuan tentang mekanisme kerja dan pengembangan data-data untuk dijadikan sebuah laporan kegiatan.

Download Makalah

0 comments:

Post a Comment

 

Grey Floral ©  Copyright by Cari makalah SMP, SMA, Skripsi,Pidato | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks