Sunday, March 20, 2011

Makalah Agama SMA Khusnudzan

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Husnudzan
Kata Husnudzan berarti berprasangka baik atau disebut juga Positive Thinking. Lawan dari kata itu adalah Su ‘udzan yang berarti berprasangka buruk atau Negative Thinking. (LKS Halaman 35)
Maksudnya adalah sikap atau perilaku yang senantiasa berprasangka baik. Orang yang mempunyai sikap Husnudzan berarti orang yang senantiasa berprasangka baik kepada sesama atau keputusan Allah SWT. maksudnya seluruh ucapan dan ragam gejala yang tampak pada tingkah laku seseorang diterima sebagaimana adanya tanpa diiringi dugaan-dugaan yang tidak baik. Begitupun segala sesuatu yang diinginkan tidak tercapai maka sikapnya tidak akan menjauh dari Allah SWT. (Q.S. Al-Baqarah : 216)

Artinya :
“...boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”


B. Husnudzan Terhadap Allah
Kata husnuzan berarti berprasangka baik atau disebut juga positive thinking. Lawan dari kata itu adalah suuzan yang artinya berprasangka buruk atau disebut juga negative thinking.
Maksudnya adalah sikap atau keadaan jiwa yang berprasangka baik. Orang yang mempunyai sikap husnuzan berarti orang yang senantiasa berprasangka baik, kepada sesama atau segala keputusan (takdir) Allah SWT. Maksudnya seluruh ucapan dan ragam gejala yang tampak pada tingkah laku seseorang diterima sebagaimana adanya tanpa diiringi dugaan-dugaan yang tidak baik. Begitu pun bila segala sesuatu yang diinginkan tidak tercapai maka sikapnya tidak akan menjauh dari Allah SWT. (Q.S. Al-Baqarah : 216)

Download Makalah

0 comments:

Post a Comment

 

Grey Floral ©  Copyright by Cari makalah SMP, SMA, Skripsi,Pidato | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks