Sunday, March 13, 2011

Makalah Sosial Kenakalan Remaja

BAB II
MASALAH PENYALAHGUNAAN OBAT-OBATAN


Sejak dahulu kala ada penggunaan madat, candu, minuman alkohol dan zat lainnya yang sebenarnya merugikan dan merusak diri si pemakai.
Sejak beberapa tahun yang lalu, gejala-gejala seperti ini kita lihat dulu tidak banyak terdapat lagi, sekarang pelakunya lebih sering remaja belasan tahun. Acapkali juga ditemukan diantara kelompok remaja, seorang/beberapa orang yang sudah tergolong remaja lanjut maupun dewasa.
2.1 Penggunaan Obat-obatan (Drugs)
Untuk dapat mengetahui lebih banyak mengenai obat-obatan tersebut dan supaya mudah mengetahui akibat penggunaannya dan segera dapat melaksanakan tindakan pencegahan dan pengobatan melawan kecanduan itu, perlu kita tinjau lebih dalam apa artinya penyalahgunaan obat-obatan, apa hasil yang diharapkan si pemakai dan apa akibatnya.
Apa yang diartikan dengan obat-obatan/zat pecandu itu ?
Drug saja sebenarnya berarti obat, akan tetapi penyalahgunaannya menyebabkan orang menjadi kecanduan pada suatu obat tertentu sehingga mereka disebut drug addicts.


2.2 Akibat Fisik dan Psikis
1. Timbulnya kebiasaan pemakaian obat-obatan ialah karena pada mulanya diajak teman-temannya supaya menemani mereka dalam berkhayal tentang dunia kenikmatan.
2. Adapula remaja yang memakai obat-obatan tersebut untuk menunjukan sikap menentang terhadap orang tua mereka.
2.3 Cara Mengatasi Kecanduan
Cara mengatasi, mencegah dan menyembuhkan gejala kecanduan merupakan tujuan dari pembahasan masalah ini. Perlu kita akui betapa sulitnya mengikutsertakan semua sifat dan mempertimbangkan semua sumbangan dari berbagai aliran psikologi dalam usaha kita.
a. Sebagai langkah pertama diberikan tindakan medis supaya dapat melawan dan menekan tuntutan ketagihan dari tubuh.
b. Pelu diketahui lebih mendalam latar belakang masalah yang mendorong si pemakai sampai terjerumus ke kecanduan dan pemadatan.

Download Makalah

0 comments:

Post a Comment

 

Grey Floral ©  Copyright by Cari makalah SMP, SMA, Skripsi,Pidato | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks